PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN 01 MALANGJIWAN, COLOMADU TAHUN AJARAN 2013/2014

FUADILLAH, ANNISA NUR (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN 01 MALANGJIWAN, COLOMADU TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (56Kb) | Preview

    Abstract

    Annisa Nur Fuadillah. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN 01 MALANGJIWAN, COLOMADU TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan Scientific berbasis Mind Mapping pada peserta didik kelas II di SDN 01 Malangjiwan, Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 01 Malangjiwan, yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan Scientific berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas II di SD Negeri 01 Malangjiwan. Melalui pendekatan Scientific, guru akan semakin kreatif dalam menyampaikan pembelajaran. Guru akan melaksanakan pembelajaran dengan tahapan yang akan mempermudah dalam penyampaian materi pelajaran. Melalui Mind Mapping, siswa akan mudah dalam mengeluarkan gagasannya dalam mendeskripsikan benda. Kombinasi pendekatan Scientific dan Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran agar lebih menyenangkan sekaligus dapat mempermudah siswa menuangkan gagasannya dalam mendeskripsikan benda melalui tulisan sehingga keterampilan menulis deskripsi siswa menjadi lebih baik dan meningkat dari sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terjadi peningkatan keterampilan menulis deskripsi peserta didik yang dibuktikan dengan adanya peningkatan indikator keberhasilan peserta didik dengan nilai ≥ 75. Pada pratindakan peserta didik yang tuntas sebesar 60% (15) peserta didik, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 76,67% (23) peserta didik, dan pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu sebesar 96,67% (29) peserta didik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Scientific berbasis Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas II di SD Negeri 01 Malangjiwan. Kata Kunci: pendekatan Scientific, Mind Mapping, keterampilan menulis deskripsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 19 Oct 2015 10:52
    Last Modified: 19 Oct 2015 10:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21314

    Actions (login required)

    View Item