UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS V SDN PREMULUNG NO. 94 KECAMATAN LAWEYAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ANITA, (2014) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS V SDN PREMULUNG NO. 94 KECAMATAN LAWEYAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (102Kb) | Preview

    Abstract

    Anita. UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS V SDN PREMULUNG NO. 94 KECAMATAN LAWEYAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, September 2014. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep daur air melalui metode Everyone Is A Teacher Here pada Siswa Kelas V SDN Premulung No. 94 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SDN Premulung No. 94 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data secara interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air siswa Kelas V SDN Premulung No. 94 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya nilai rerata pemahaman konsep daur air dan ketuntasan klasikal pada setiap siklus. Nilai rerata pemahaman konsep daur air pada saat prasiklus adalah 67,45. Pada siklus I, nilai rerata meningkat menjadi 82,125. Pada siklus II, nilai rerata meningkat menjadi 88,35. Persentase ketuntasan klasikal pada saat prasiklus adalah 45%. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 65%. Pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat hingga mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air siswa Kelas V SDN Premulung No. 94 Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata kunci: metode Everyone Is A Teacher Here, pemahaman konsep daur air

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 19 Oct 2015 09:52
    Last Modified: 19 Oct 2015 09:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21309

    Actions (login required)

    View Item