STRATEGI GURU DALAM MEMBELAJARKAN MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN KEPADA ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SLB Muhammadiyah Cepu)

UTAMI, ANITA DEWI (2014) STRATEGI GURU DALAM MEMBELAJARKAN MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN KEPADA ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SLB Muhammadiyah Cepu). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (102Kb) | Preview

    Abstract

    Anita Dewi Utami. 2014. Strategi Guru dalam Membelajarkan Matematika pada Materi Lingkaran kepada Anak Tunagrahita (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SLB Muhammadiyah Cepu). Tesis. Pembimbing I: Dr. Imam Sujadi, M.Si, II: Dr. Riyadi, M.Si. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membelajarkan matematika pada materi lingkaran kepada anak tunagrahita kelas VIII di SLB Muhammadiyah Cepu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus, yaitu mempelajari secara mendalam kegiatan pembelajaran pada materi lingkaran untuk kemudian dapat digambarkan strategi yang digunakan guru dalam membelajarkan matematika kepada anak tunagrahita. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan seluruh siswa kelas VIII SLB Muhammadiyah Cepu. Data dalam penelitian ini berupa strategi guru dalam membelajarkan matematika pada materi lingkaran yang diperoleh dari hasil transkripsi hasil rekaman kegiatan pembelajaran pada dua observasi. Hasil transkripsi tersebut direduksi untuk memperoleh percakapan dan kegiatan yang menunjukkan strategi guru dalam membelajarkan matematika pada materi lingkaran terkait pengetahuan konseptual dan prosedural. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah member check, yaitu proses pengecekan data yang diperoleh peneliti kepada subjek penelitian untuk menguji kemungkinan dugaan-dugaan yang berbeda. Hasil penelitian ini adalah pada kegiatan pendahuluan dan penutup guru menerapkan pembelajaran gerak dan irama dengan meminta siswa menyanyikan lagu lingkaran. Sedangkan pada kegiatan inti, strategi guru dalam membelajarkan matematika pada materi lingkaran terkait pengetahuan konseptual dengan menerapkan teori belajar Bruner pada tahap enaktif yaitu mengenalkan konsep bentuk lingkaran dengan menggunakan berbagai macam media kepada siswa. Selanjutnya strategi guru dalam membelajarkan matematika pada materi lingkaran terkait pengetahuan prosedural adalah dengan menerapkan model penemuan terbimbing yaitu membimbing siswa untuk melakukan aktivitas perhitungan keliling lingkaran dengan menggunakan benang. Akan tetapi karena keterbatasan intelektual yang dimiliki siswa tunagrahita, model penemuan terbimbing yang dilakukan oleh guru dengan cara memberi contoh siswa terlebih dahulu, baru kemudian meminta siswa mempraktekan sendiri untuk menemukan keliling lingkaran dari panjang benang. Kata Kunci: strategi guru, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, pembelajaran matematika, siswa tunagrahita

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 19 Oct 2015 08:21
    Last Modified: 19 Oct 2015 08:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21305

    Actions (login required)

    View Item