HUBUNGAN KEAKTIFAN PRAKTIKUM, PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN KETERAMPILAN PEMASANGAN AKDR PADA MAHASISWA DIII KEBIDANAN

LIESKUSUMASTUTI, ANITA DEWI (2014) HUBUNGAN KEAKTIFAN PRAKTIKUM, PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN KETERAMPILAN PEMASANGAN AKDR PADA MAHASISWA DIII KEBIDANAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (60Kb) | Preview

    Abstract

    Anita Dewi Lieskusumastuti. 2014. Hubungan Keaktifan Praktikum, Pengetahuan dan Motivasi dengan Keterampilan Pemasangan AKDR pada Mahasiswa D III Kebidanan. TESIS. Pembimbing I : Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F, M.M.; Pembimbing II: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Kompetensi bidan menyebutkan bahwa bidan harus memiliki keterampilan dasar salah satunya adalah bidan memasang alat kontrasepsi dalam rahim. Pelayanan kontrasepsi AKDR berhubungan dengan pengetahuan bidan, motivasi bidan dan ketersediaan sumberdaya. Keterampilan Pemasangan AKDR merupakan hasil yang dicapai dari suatu aktivitas dalam belajar yang disebut sebagai prestasi belajar. Terdapat faktor dalam dan luar yang mempengaruhi prestasi belajar dalam hal ketrampilan pemasangan AKDR, faktor internal tersebut seperti motivasi, keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar teori maupun praktik, serta pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan keaktifan praktikum, pengetahuan dan motivasi dengan keterampilan pemasangan AKDR pada mahasiswa D III Kebidanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik korelasional dengan rancangan potong lintang. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa semester IV di Akademi Kebidanan Mamba‟ul ‟Ulum Surakarta sejumlah 79 mahasiswa. Sampel sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acak sederhana. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dan checklist. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan keaktifan praktikum, dengan keterampilan pemasangan AKDR pada mahasiswa DIII Kebidanan (p value = 0,020). Ada hubungan pengetahuan dengan keterampilan pemasangan AKDR pada mahasiswa DIII Kebidanan (p value = 0,031). Ada hubungan motivasi dengan keterampilan pemasangan AKDR pada mahasiswa DIII Kebidanan (p value = 0,029). Ada hubungan keaktifan praktikum, pengetahuan dan motivasi dengan keterampilan pemasangan AKDR pada mahasiswa DIII Kebidanan (p value = 0,000). Kontribusi pengaruh keaktifan praktikum, pengetahuan dan motivasi dengan keterampilan pemasangan AKDR pada mahasiswa DIII Kebidanan adalah sebesar 39,4%. Kata Kunci : keaktifan praktikum, pengetahuan, motivasi dan keterampilan pemasangan AKDR.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 19 Oct 2015 08:07
    Last Modified: 19 Oct 2015 08:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21304

    Actions (login required)

    View Item