PENGARUH DOSIS BERTINGKAT EKSTRAK ETANOL 96% JINTAN HITAM TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH TROMBOSIT DAN PEMENDEKAN WAKTU PEMBEKUAN PADA TIKUS GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI KUININ

PERMANA, YUDHISTIRA (2015) PENGARUH DOSIS BERTINGKAT EKSTRAK ETANOL 96% JINTAN HITAM TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH TROMBOSIT DAN PEMENDEKAN WAKTU PEMBEKUAN PADA TIKUS GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI KUININ. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1253Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian: Jintan Hitam mengandung Thymoquinone, yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dan memendekan waktu pembekuan dengan mekanisme antioksidan yang dapat menstimulasi sumsum tulang belakang dan akan meningkatkan jumlah CFU (Coloning Forming Unit Cell). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian dosis bertingkat ekstrak etanol 96 % jintan hitam dapat meningkatkan jumlah trombosit dan memendekan waktu pembekuan. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat eksperimental pretest and post test control group design. Subjek penelitian berupa 50 ekor tikus galur wistar jantan, berumur 2-3 bulan dengan berat badan kurang lebih 200 gram, yang dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok 1 diberi pakan dan minum standar, kelompok 2 diberi kuinin dosis toksik 100 mg/kgbb, kelompok 3 diberi kuinin dosis toksis 100mg/kgbb dan jintan hitam dosis 25 mg/200 gr bb tikus dalam 2 ml larutan, kelompok 4 diberi kuinin dosis toksis 100mg/kgbb dan jintan hitam dosis 50 mg/200 gr bb tikus dalam 2 ml larutan dan kelompok 5 diberi kuinin dosis toksis 100mg/kgbb dan jintan hitam dosis 100 mg/200 gr bb tikus dalam 2 ml larutan. Pemeriksaan jumlah trombosit dan waktu pembekuan dilakukan setiap 1 minggu sekali selama 28 hari. Hasil Penelitian: Hasil perhitungan statistik anova, menunjukan perbedaan yang signifikan (p < 0.05) antar kelompok perlakuan pada selisih minggu 1 dan minggu 2, selisih minggu 1 dan minggu 3 serta selisih minggu 1 dan minggu 4. Simpulan Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian dosis bertingkat ekstrak etanol 96% Jintan Hitam dapat meningkatkan jumlah trombosit dan pemendekan waktu pembekuan pada tikus galur wistar yang diinduksi oleh kuinin. Kata kunci : jintan hitam (Nigella sativa), peningkatan jumlah trombosit, pemendekan waktu pembekuan.

    Item Type: Other
    Subjects: Q Science > QK Botany
    R Medicine > RB Pathology
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 23 Nov 2015 10:44
    Last Modified: 23 Nov 2015 10:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21289

    Actions (login required)

    View Item