ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BERDASARKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013.

KURNIA, TRI (2015) ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH BERDASARKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (643Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP pada tingkat kemampuan memori tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah garis singgung lingkaran berdasarkan pengetahuan konseptual dan prosedural, serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui wawancara dan observasi kelas serta sumber tertulis yang diperoleh melalui tes. Sumber data utama adalah data hasil wawancara, sedangkan data observasi kelas dan tes merupakan data tambahan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Teknik analisa data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Siswa pada tingkat kemampuan memori tinggi merumuskan kembali soal dalam bentuk sederhana, menulis rumus dan menentukan komponen yang dibutuhkan, menggunakan dan mengidentifikasi rumus, aturan, dan simbol yang berlaku dan mampu menjelaskan alasan dari setiap langkah penyelesaian, mengecek tiap langkah penyelesaian. (2) Siswa pada tingkat kemampuan memori sedang dan rendah diperoleh hasil yang sama, yaitu merumuskan kembali soal dalam bentuk sederhana, menyelesaikan soal dengan menulis rumus dan mengaitkannya dengan hal-hal yang diketahui, mampu menggunakan rumus, aturan, dan algoritma yang berlaku tetapi kurang mampu menjelaskan alasan setiap langkah, mengecek tiap langkah penyelesaian.(3) Faktor yang mempengaruhi siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan pengetahuan konseptual dan prosedural adalah kadar pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki masing-masing siswa serta kemampuan memori dalam memanggil kembali informasi yang telah diterima memiliki perbedaan. Kata Kunci : pemecahan masalah, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural, kemampuan memori.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 12 Oct 2015 12:51
    Last Modified: 12 Oct 2015 12:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21268

    Actions (login required)

    View Item