EKSPERIMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DITINJAU DARI SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP MATEMATIKA KELAS VII SMP KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

RAHAYU, PUJI (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DITINJAU DARI SIKAP PESERTA DIDIK TERHADAP MATEMATIKA KELAS VII SMP KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (213Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar peserta didik yang lebih baik antara yang dikenai model PBL, DL atau pembelajaran langsung. (2) prestasi belajar peserta didik yang lebih baik antara peserta didik dengan sikap positif, netral atau negatif. (3) prestasi belajar peserta didik yang lebih baik pada masing-masing kategori sikap, antara yang dikenai model PBL, DL atau pembelajaran langsung. (4) prestasi belajar peserta didik yang lebih baik pada masing-masing model, antara peserta didik dengan sikap positif, netral, atau negatif. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental semu dengan populasi semua paserta didik kelas VII SMP di Kabupaten Klaten yang telah menerapkan kurukulum 2013 tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified cluster random sampling dan tiga sekolah yang terambil SMPN 1 Delanggu, SMPN 1 Prambanan dan SMPN 2 Wedi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumen untuk mencari data kemampuan awal, metode tes untuk mengukur prestasi belajar perbadingan dan skala dan metode angket untuk pengkategorian sikap. Pada data kemampuan awal dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas variansi dengan metode Bartlett dan uji keseimbangan menggunakan uji F. Uji hopotesis menggunakan anava dua jalan dan uji lanjut pasca anava menggunakan teknik Scheffe’. Kesimpulan hasil penelitian: (1) Prestasi belajar peserta didik yang dikenai model DL lebih baik dari PBL dan pembelajaran langsung, sedang antara model PBL dan pembelajaran langsung memberi efek sama. (2) Prestasi belajar peserta didik dengan sikap positif lebih baik dari sikap netral dan negatif, dan sikap netral lebih baik dari sikap negatif. (3) Pada sikap positif dan netral, prestasi belajar peserta didik yang dikenai model PBL, DL dan pembelajaran langsung sama. Pada sikap negatif, prestasi belajar peserta didik yang dikenai model DL lebih baik dari PBL dan pembelajaran langsung, sedang yang dikenai model PBL dan pembelajaran langsung sama. (4) Pada pembelajaran PBL, prestasi belajar peserta didik pada sikap positif lebih baik dari sikap negatif, sedang pada sikap positif dan netral sama dan pada sikap netral dan negatif juga sama. Pada pembelajaran DL, prestasi belajar peserta didik dengan sikap positif, netral dan negatif sama. Pada pembelajaran langsung, prestasi belajar peserta didik dengan sikap positif lebih baik dari sikap negatif, sedang pada sikap positif dan netral sama dan pada sikap netral dan negatif juga sama. Kata kunci: Problem Based Learning, Discovery Learning, sikap peserta didik, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 11 Oct 2015 20:23
    Last Modified: 11 Oct 2015 20:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21258

    Actions (login required)

    View Item