Efektivitas media grafis terhadap kemampuan berbicara siswa kelas P-2 SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2006/2007

ASRI, GETTY YUNI (2007) Efektivitas media grafis terhadap kemampuan berbicara siswa kelas P-2 SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2726Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Getty Yuni Asri. EFEKTIVITAS MEDIA GRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS P-2 SLB-B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006 / 2007. Skripsi, Surakarta : Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan media grafis terhadap kemampuan berbicara pada Anak Tuna RunguWicara Kelas P-2 Di SLB – B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2006/ 2007. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas P-2 SLB–B YRTRW Surakarta sebanyak 7 siswa. Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan sampel, karena jumlah populasi kecil sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data variabel media grafis dan kemampuan berbicara menggunakan test sebagai teknik pokoknya dan observasi sebagai teknik pelengkapnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pola one group pre- test post – test design yaitu sekelompok subyek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan diberikan dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal dan pengukuran akhir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Test Rangking Bertanda (Sign Test Wilcoxon). Hasil perhitungan terhadap data T hitung = 27 lebih besar dari T tabel = 2, maka Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 0,05 dengan demikian hipotesis yang peneliti rumuskan” ada keefektifan media grafis terhadap kemampuan berbicara pada anak tuna rungu wicara kelas P-2 di SLB–B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2006/2007 dapat diterima kebenarannya”, sehingga disimpulkan ada keefektifan media grafis terhadap kemampuan berbicara pada anak tuna rungu wicara kelas P-2 di SLB–B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2006/2007.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Saputro Bagus
    Date Deposited: 11 Jul 2013 23:54
    Last Modified: 11 Jul 2013 23:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2125

    Actions (login required)

    View Item