PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA AKUNTANSI(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2011–2012)

Mincahyawati, Kisti (2014) PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA AKUNTANSI(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2011–2012). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (99Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh negatif pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2011-2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, di mana terdapat 92 sampel yang memenuhi kriteria. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari annual report perusahaan sampel. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Hal ini dapat dikatakan bahwa investor belum memperhatikan informasi – informasi sosial yang diungkapkan dalam laporan tahunan perusahaan sebagai informasi yang dapat mempengaruhi investor dalam melakukan keputusan investasi. Investor masih menganggap informasi laba lebih bermanfaat dalam menilai perusahaan dan dianggap lebih mampu memberikan informasi untuk mendapatkan return saham yang diharapkan oleh investor dibandingkan dengan informasi sosial yang diungkapkan oleh perusahaan. Kata kunci: Pengungkapan, Corporate Social Responsibility, Earnings Response Coefficient.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 10 Oct 2015 15:19
    Last Modified: 10 Oct 2015 15:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21226

    Actions (login required)

    View Item