Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Madiun Tahun Ajaran 2013/2014

Kurniawati, Kiki Riska Ayu (2014) Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together (NHT) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Madiun Tahun Ajaran 2013/2014. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (100Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing- masing kategori model pembelajaran, kecerdasan interpersonal siswa dan interaksiny a terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3×3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Madiun semester genap tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sekolah yang menjadi sampel adalah SMP Negeri 3 Madiun, SMP Negeri 7 Madiun,dan SMP Negeri 10 Madiun. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 260 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah nilai tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan interpersonal siswa. Uji keseimbangan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran langsung, serta model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung; (2) prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi sama baiknya dengan prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah dan prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang sama dengan prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah; (3) pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, NHT dan langsung, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi sama baiknya dengan prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah dan prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal sedang sama baiknya dengan prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal rendah; serta (4) pada siswa dengan kecerdasan interpersonal tinggi, sedang dan rendah, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran langsung, serta model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Jigsaw, NHT, kecerdasan interpersonal

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 10 Oct 2015 15:11
    Last Modified: 10 Oct 2015 15:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21224

    Actions (login required)

    View Item