IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MINAT BERMAIN PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS MITRA ANANDA TAHUN PELAJARAN 2013

Udhiyanasari, Khusna Yulinda (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MINAT BERMAIN PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS MITRA ANANDA TAHUN PELAJARAN 2013. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (906Kb) | Preview

    Abstract

    Anak Autis memerlukan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan menyeluruh. Belajar sambil bermain adalah hal yang sebaiknya diterapkan pada anak. Pembelajaran tematik memberikan keterlibat aktif secara fisik maupun psikis, memaksimalkan kemampuan anak, memberikan pembelajaran yang lebih bermakna dengan menggunakan minat bermain anak yang akan memunculkan minat anak akan belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui; Gambaran pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis minat bermain; Mengidentifitasi hasil yang dicapai dari pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis minat bermain; Mengidentifikasi kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis minat bermain dan bagaimana mengatasi kendala pembelajaran tematik berbasis minat bermain dalam meningkatkan kemampuan akademik anak autis di SLB Autis Mitra Ananda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengunakan pedoman dari Bogdan dan Taylor dalam Lexy J. Moleong bahwa Metodologi kualitatif adalah prosedur yang dihasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Menggunakan deskriptif, karena jenis penelitian ini memusatkan pada deskripsi data yang berupa kalimat-kalimat yang memiliki arti mendalam yang berasal dari informan dan perilaku yang diamati. Pembelajaran tematik berbasis minat bermain untuk anak autis dapat meningkatkan kemampuan akademik anak autis. Pemberian evaluasi pre-test sebagai gambaran dari kondisi awal anak sebelum dilakukan pembelajaran tematik untuk ananda Faras mendapatkan nilai 5 dengan keterangan jika anak tidak mampu mengerjakan soal yang diberikan namun masih bisa dibantu, sedangkan ananda Ivan mendapatkan nilai pre-test 6 dengan keterangan jika anak mampu mengerjakan soal dengan kurang konsisten dan banyak bantuan. Setelah Pre-test guru melakukan pembelajaran tematik berbasis minat bermain selama 6 kali pembelajaran dan disetiap pembelajaran selalu diberikan evaluasi. Dari 6 kali evaluasi akan dirata-rata maka akan memberikan nilai hasil post-test. Hasil post test menunjukkan bahwa rerata hasil dari 6 kali pembelajaran menunjukkan peningkatan kemampuan akademik anak yaitu ananda Faras mendapatkan nilai 7,1 dengan keterangan jika anak mampu mengerjakan soal yang diberikan dengan kurang konsisten dan banyak bantuan sedangkan ananda Ivan mendapatkan nilai 7,5 dengan keterangan jika anak mampu mengerjakan soal yang diberikan dengan kurang konsisten dan banyak bantuan. Dari perolehan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran tematik berbasis minat bermain ada anak autis dapat meningkatkan kemampuan akademik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 10 Oct 2015 14:44
    Last Modified: 10 Oct 2015 14:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21220

    Actions (login required)

    View Item