ANALISIS MISKONSEPSI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) FISIKA SMA KELAS XI MATERI SEMESTER I

Sajadi, Kholif Eka (2013) ANALISIS MISKONSEPSI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) FISIKA SMA KELAS XI MATERI SEMESTER I. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (109Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) ada atau tidak adanya miskonsepsi, (2) persentase miskonsepsi, dan (3) ada atau tidak adanya keterangan lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi pada setiap bab dalam salah satu BSE Fisika untuk SMA dan MA kelas XI semester I cetakan pertama tahun 2009 yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Depdiknas Jenis penelitian ini mengikuti paradigma penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah konsep-konsep dalam setiap bab dalam salah satu BSE Fisika untuk SMA dan MA kelas X semester I cetakan pertama tahun 2009 yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Depdiknas berdasarkan silabus yang disusun sesuai dengan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Teknik pengumpulan data ini dengan studi pustaka dan wawancara tim ahli untuk mendapatkan konsep benar. Instrumennya berupa tabel perbandingan konsep buku ajar dan konsep benar. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa buku yang diteliti terdapat empat bab yang mengandung miskonsepsi, yaitu: Bab I Gravitasi Planet Dalam Sistem Tata Surya (22,22%), Bab II Pengaruh Gaya Pada Elastisitas Bahan (18,51%), Bab III Usaha Dan Energi (31,5%), Bab IV Momentum Dan Impuls (28,57%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 10 Oct 2015 14:29
    Last Modified: 10 Oct 2015 14:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21218

    Actions (login required)

    View Item