ANALISIS BRAND AWARENESS (KESADARAN MEREK) JASA POS EXPRESS PT. POS INDONESIA (PERSERO) SURAKARTA

Muntikoh, Khoiru Yayuk (2013) ANALISIS BRAND AWARENESS (KESADARAN MEREK) JASA POS EXPRESS PT. POS INDONESIA (PERSERO) SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (121Kb) | Preview

    Abstract

    Kesadaran merek (brand awareness) merupakan hal yang terpenting dari Brand Equity (ekuitas merek) untuk menguasai market share (pangsa pasar) dalam sebuah perusahaan. Kesadaran merek dibenak konsumen sangat berpengaruh terhadap seberapa besar konsumen yang mengenal merek produk tersebut, semakin banyak masyarakat yang mengenal merek produk tersebut maka semakin mudah perusahaan untuk menguasai market share (pangsa pasar). Untuk itu dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis mengambil judul “ANALISIS BRAND AWARENESS (KESADARAN MEREK) JASA POS EXPRESS PT. POS INDONESIA (PERSERO) SURAKARTA” (Study Kasus pada Masyarakat Surakarta). Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat terhadap merek jasa Pos Express PT. Pos Indonesia dilihat dari Top of Mind (puncak pikiran), Brand Recall (pengingatan kembali terhadap merek), Brand Recognition (pengenalan merek), dan Unaware of Brand (tidak menyadari merek). Dengan menggunakan metode analisis data deskriptif yaitu memberikan gambaran atau deskripsi secara sistematis mengenai objek yang diteliti, kemudian melakukan pengolahan data dari hasil kuesioner sebanyak 100 responden, serta kuesionernya disajikan dalam bentuk frekuensi dan presentase serta diagram lingkaran. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dimana kuesioner sebagai alat pengambilan data yang diambil dari masyarakat solo yang terdiri dari 5 kecamatan yaitu : Kecamatan Jebres, Kecamaan Banjarsari, Kecamatan Pasar Kliwon, Kecamatan Laweyan, dan Kecamatan Serengan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jasa Pos Express PT. Pos Indonesia Surakarta merupakan jasa pengiriman barang yang menduduki posisi analisis Brand Recall (pengingatan kembali terhadap merek) dan menduduki posisi ketiga dalam analisis Top of Mind (puncak pikiran), yang berarti kebanyakan responden menyebutkan merek jasa Pos Express PT. Pos Indonesia Surakarta sebagai Brand Recall. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari perhitungan analisis Brand Awareness didapatkan bahwa merek jasa Pos Express PT. Pos Indonesia Surakarta menempati Brand Recall (44%), merek JNE menempati Top of Mind 36%, pada analisis Brand Recognition didapatkan bahwa sebanyak 24 orang atau 24% responden perlu diingatkan akan keberadaan merek jasa Pos Express PT. Pos Indonesia Surakarta, dan pada analisis Unaware of Brand terdapat 6 orang atau 6% responden yang tidak mengenal keberadaan merek jasa Pos Express PT. Pos Indonesia Surakarta. Serta 30 orang atau 30% responden mengetahui keberadaan merek jasa Pos Express PT. Pos Indonesia Surakarta melalui Teman. Berdasarkan hasil kesimpulan tersebut, penulis memberikan saran bagi perusahaan yaitu PT. Pos Indonesia harus selalu meningkatkan promosi untuk mempertahankan posisi tersebut dan harus selalu mengutamakan mutu, kwalitas dan pelayanan yang memuaskan supaya PT. Pos Indonesia selalu dikenal dan diingat oleh masyarakat. Kata Kunci : Kesadaran Merek (Brand Awareness).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 10 Oct 2015 14:08
    Last Modified: 10 Oct 2015 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21215

    Actions (login required)

    View Item