Analisis Tipe Perilaku Konsumen Dalam Membeli Teh Di Pasar Tradisional Kabupaten Wonogiri

Paramita Dewi , Dian (2010) Analisis Tipe Perilaku Konsumen Dalam Membeli Teh Di Pasar Tradisional Kabupaten Wonogiri. Other thesis, UNS.

[img] PDF
Download (468Kb)

    Abstract

    Perilaku konsumen merupakan interaksi dinamis antara pengaruh dan kondisi perilaku dan kejadian di sekitar lingkungan di mana manusia melakukan aspek pertukaran dalam kehidupan mereka. Perilaku konsumen merupakan bagian dari menejemen pemasaran yang berhubungan dengan manusia sebagai pasar sasaran. Perilaku konsumen yang satu dengan yang lainnya tidak sama dan berubah-ubah setiap saat, maka perilaku konsumen dalam membeli harus dipelajari secara terus menerus, mengingat situasi kondisi persaingan pasar yang semakin kompetitif. Oleh karena itulah peneliti ingin mempelajari mengenai perilaku konsumen teh yang merupakan minuman sehari-hari masyarakat Wonogiri. Metode dasar penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dilaksanakan dengan teknik survei. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (Purposive) yaitu Kabupaten Wonogiri dengan mengambil 4 pasar tradisional. Penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling, dengan jumlah responden 100 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer kemudian dianalisis menggunakan anlisis desain inventaris keterlibatan dan analisis persepsi kualitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui pertama, keterlibatan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian teh di pasar tradisional Kabupaten Wonogiri tergolong tinggi (30,10>24), artinya konsumen bersedia mencurahkan energi untuk membuat keputusan terbaik berdasarkan konsekuensi positif dan negatif merek teh yang dibeli. Kedua, beda antar merek teh menurut konsumen di pasar tradisional Kabupaten Wonogiri tidak nyata, artinya konsumen tidak melihat banyak perbedaan antar merek teh. Ketiga, tipe perilaku konsumen teh di pasar tradisional Kabupaten Wonogiri adalah perilaku membeli mengurangi keragu-raguan, artinya konsumen sangat terlibat dalam suatu pembelian tetapi tidak melihat banyak perbedaan antar merek teh.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Unnamed user with username anggit
    Date Deposited: 25 Nov 2010 20:45
    Last Modified: 25 Nov 2010 20:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/212

    Actions (login required)

    View Item