PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RISIKO OPERASIONAL PADA PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia Tahun 2009-2013 )

CAHYANTO, ATNIEL DWIK MEK (2015) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN RISIKO OPERASIONAL PADA PROFITABILITAS (Studi Empiris pada Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia Tahun 2009-2013 ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (182Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh struktur modal dan risiko operasional terhadap profitabilitas pada perusahaan asuransi jiwa di Indonesia tahun 2009 sampai 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan asuransi jiwa di Indonesia periode 2009 - 2013. Setelah melewati tahap sampel purposive sampling untuk 24 perusahaan dengan data sampel berupa laporan keuangan dan ringkasan kinerja keuangan Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier dan pengujian hipotesis menggunakan uji–t statistik untuk menguji koefisien regresi parsial dan uji F statistik untuk menguji pengaruh bersama-sama dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh ke ROA (Return on Asset) dan NPM (Net Profit Margin) signifikan dan negatif.Korelasi antara struktur modal dan risiko operasional adalah dua.Kewajiban Ratio (LR) dan operasional risiko signifikan namun memiliki efek negatif.Ekuitas Rasio (ER) dan operasional risiko signifikan namun memiliki efek positif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 10 Oct 2015 12:44
    Last Modified: 10 Oct 2015 12:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21196

    Actions (login required)

    View Item