PERILAKU KONSUMTIF PADA BARANG BERMEREK IMPORT PADA KELOMPOK “ARISAN SOSIALITA” DI KOTA SURAKARTA

Primora, Kesha (2014) PERILAKU KONSUMTIF PADA BARANG BERMEREK IMPORT PADA KELOMPOK “ARISAN SOSIALITA” DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (100Kb) | Preview

    Abstract

    Pertumbuhan ekonomi suatu masyarakat akan berdampak pada meningkatnya daya beli juga sekaligus mendorong munculnya pasar dan pusat perbelanjaan. Perubahan perilaku konsumen merupakan konsekuensi logis dari tuntutan kehidupan yang dipicu oleh lingkungan perkotaan yang menyediakan sarana perbelanjaan kelas modern. Dewasa ini mulai muncul kelompok perempuan yang berasal dari kalangan menengah ke atas yang mengatasnamakan dirinya sebagai kaum sosialita. Kaum sosialita ini kemudian mengadakan kegiatan yang rutin dilakukan dengan sejumlah iuran yang disebut arisan. Kegiatan arisan ini kemudian mempunyai kecenderungan untuk mengkonsumsi berbagai produk khususnya barang bermerk import yang harganya cukup fantastis dan pada akhirnya akan menimbulkan berbagai permasalahan baru bagi para anggotanya. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan perilaku konsumtif pada barang bermerek import pada kelompok arisan sosialita di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Arisan Cantik yang berlokasi di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 8 orang informan yang diambil dari anggota kelompok “Arisan Sosialita” yang terbagi atas; 1) ketua 2) anggota 3) sering hadir 4) jarang hadir 5) sering hadir banyak konsumsi 6) sering hadir sedikit konsumsi 7) jarang hadir banyak konsumsi 8) jarang hadir sedikit konsumsi dan beberapa responden untuk mengkroscek data dari informan untuk validitas data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teori Budaya Konsumen dengan konsep Masyarakat Konsumsi dari Jean Paul Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kelompok ”Arisan Sosialita” terdiri dari perempuan berumur 30 – 40 tahun dengan status pernikahan sudah menikah dan memiliki jenis pekerjaan yang berbeda – beda. Pengetahuan terhadap barang bermerk import pada umumnya mereka peroleh dari media cetak dan media sosial seperti Instagram dan BBM. Sikap dan perilaku anggota “Arisan Sosialita” bermacam – macam. Dalam kaitannya dengan Teori Budaya Konsumen hasil penelitian ini dirinci menjadi; 1) Nilai Tanda dan nilai simbol yang berarti anggota “Arisan Sosialita” membeli barang tidak berdasar pada kebutuhan melainkan faktor harga diri, 2) Simulasi dan Simulakra, proses simulasi yang terjadi pada anggota kelompok “Arisan Sosialita” melalui pengetahuan yang berasal dari media massa dan pengalaman. Kelompok acuan (reference group) juga memberi simulasi hingga akhirnya terjadi simulakra. Simulakra ditandai dengan penyebaran simbol/merk melalui konsumsi barang bermerk import yang menjual nilai – nilai didalamnya implikasi negatif dari kondisi ini adalah mereka mengkonsumsi barang bermerk import palsu. Kata kunci: Sosialita, Pengetahuan, sikap dan perilaku konsumtif, Barang bermerk import, Masyarakat konsumsi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 10 Oct 2015 12:34
    Last Modified: 10 Oct 2015 12:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21195

    Actions (login required)

    View Item