HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR, PENYESUAIAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJARKETERAMPILAN DASAR KEBIDANAN II (Studi Pada Mahasiswa Kebidanan Mamba‘ul Ulum Surakarta)

ISNAINI, IKE FITRIA (2014) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR, PENYESUAIAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJARKETERAMPILAN DASAR KEBIDANAN II (Studi Pada Mahasiswa Kebidanan Mamba‘ul Ulum Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (130Kb) | Preview

    Abstract

    Belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dalam proses pendidikan. Belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Keterampilan Dasar Kebidanan (KDK) II merupakan mata kuliah yang wajib dimengerti oleh mahasiswa karena berhubungan dengan kemampuan dasar untuk menjadi seorang bidan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I Akademi Kebidanan Mamba’ul Ulum Surakarta dengan sampel sebanyak 43 mahasiswa. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, regresi linier berganda, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian yang diperoleh ada hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar KDK II, nilai korelasi 0,756 dengan p value <0,05. Ada hubungan penyesuaian diri dengan prestasi belajar KDK II dengan nilai korelasi 0,688 danp value<0,05. Dan ada hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar KDK II nilai korelasi 0,699 dengan p value <0,05. Hasil uji F diperoleh F hitung 29.668 dengan p value <0,05 sehingga ada hubungan kemandirian belajar, kemampuan penyesuaian diri dan motivasi belajar bersama-sama dengan prestasi belajar KDK II. Kata Kunci : Kemandirian belajar, Penyesuaian diri, Motivasi belajar dan Prestasi belajar keterampilan dasar kebidanan II

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 31 Oct 2015 08:27
    Last Modified: 31 Oct 2015 08:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21173

    Actions (login required)

    View Item