TINJAUAN TENTANG ALASAN PENGAJUAN KASASI OLEH PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA PENIPUAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 1559 K/Pid/2011)

Darmayanti, Ika Yuana (2014) TINJAUAN TENTANG ALASAN PENGAJUAN KASASI OLEH PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA PENIPUAN (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 1559 K/Pid/2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (112Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama apakah alasan pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum (PU) terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum dalam perkara penipuan sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 ayat (1) KUHAP. Kedua, Apakah pertimbangan Mahkamah Agung (MA) dalam memeriksa dan memutus alasan pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum (PU) terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum dalam Perkara Penipuan sudah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 ayat (1) KUHAP. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data sekunder meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengadilan Negeri Semarang dalam menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum pada perkara penipuan yaitu putusan Nomor 115/Pid.B/2011/PN.Smg telah keliru dalam menerapkan hukumnya. Penuntut Umum mengajukan kasasi dengan alasan-alasan berdasarkan pada Pasal 253 ayat (1) KUHAP. Mahkamah Agung memeriksa dan memutus sendiri melihat pada fakta hukum yang mana Pengadilan Negeri Semarang telah memperdatakan suatu perbuatan. Mahkamah Agung dalam pertimbangannya berdasarkan pada memori kasasi apakah sesuai dengan Pasal 253 ayat (1) KUHAP. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan pemikiran baik dalam perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmu hukum acara pidana pada khususnya. Serta diharapkan dapat memperkaya literatur, referensi, dan bahan kepustakaan mengenai alasan hukum Penuntut Umum (PU) dalam memori kasasi terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum yang dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Semarang dalam perkara penipuan, serta dapat digunakan sebagai acuan terhadap penelitian-penelitian sejenis untuk tahap berikutnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memberi masukan pada semua pihak yang membutuhkan pengetahuan terkait dengan permasalahan yang diteliti pada umumnya, dan bagi hakim pada khususnya dalam menjalankan tugas. Kata kunci : alasan kasasi, lepas dari segala tuntutan hukum.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 31 Oct 2015 07:27
    Last Modified: 31 Oct 2015 07:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21170

    Actions (login required)

    View Item