PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DISERTAI KARTU GAMBAR PADA MATERI ANIMALIA KELAS X

Rosanawati, Ika (2014) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DISERTAI KARTU GAMBAR PADA MATERI ANIMALIA KELAS X. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (79Kb) | Preview

    Abstract

    Pembelajaran sains akan lebih bermakana apabila mengaitkan konsep sains dengan kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan tujuan pembelajaran sains yaitu membekali siswa dengan kemampuan-kemampuan yang dimiliki ilmuan untuk memecahkan masalah (problem solving) dalam kehidupan sehari-hari. Melalui masalah dalam konteks dunia nyata siswa lebih mengenal contoh materinya dan lebih mengaktifkan siswa untuk memperoleh konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan modul biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) disertai kartu gambar pada materi Animalia kelas X, kelayakan modul, efektifitas modul dan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan modul. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Andong Boyolali. Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahapan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sampel validasi produk sejumlah tiga ahli, sampel uji coba skala kecil sejumlah 30 siswa, dan sampel uji coba skala luas sejumlah 68 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu: angket, observasi, wawancara dan tes. Uji coba skala luas menggunakan one group pretest-posttest design. Data hasil belajar aspek psikomotor dan afektif dihitung persentase ketercapaiannya, sedangkan aspek kognitif dihitung dengan uji gain ternormalisasi dan uji t dua sampel berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) prosedur pengembangan penelitian ini mengacu pada model Borg & Gall yang telah dimodifikasi melalui tahapan research and information collection, planning, develop preliminary form of products, preliminary field testing, main product revision, main field testing, dan operational product revision, (2) hasil uji kelayakan pada uji coba skala luas mendapatkan nilai 3,608; termasuk dalam kategori “Layak”, dan (3) pencapaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada kategori “Sedang” sesudah diterapkan modul berbasis PBL disertai kartu gambar pada materi Animalia kelas X. Kata kunci : model pembelajaran PBL, kartu gambar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 31 Oct 2015 07:12
    Last Modified: 31 Oct 2015 07:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21162

    Actions (login required)

    View Item