PEMBELAJARAN TERMOKIMIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN MODUL DAN MEDIA INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KECERDASAN VISUAL (Penelitian Pembelajaran Kimia Materi Pokok Termokimia Kelas XI Semester I SMA N 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014)

Kumalasari, Ika Putri Dewi (2014) PEMBELAJARAN TERMOKIMIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBANTUAN MODUL DAN MEDIA INTERAKTIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KECERDASAN VISUAL (Penelitian Pembelajaran Kimia Materi Pokok Termokimia Kelas XI Semester I SMA N 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (67Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran termokimia dengan menggunakan pendekatan CTL berbantuan modul dan media interaktif, kemampuan berpikir kritis, kecerdasan visual, dan interaksinya terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilaksanakan pada bulan April 2013-Januari 2014. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Salatiga tahun pelajaran 2013/2014. Sampel yang diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI IPA 2 diberikan pendekatan CTL berbantuan modul dan XI IPA 3 diberikan pendekatan CTL berbantuan media interaktif. Data prestasi kognitif, kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan visual diperoleh melalui tes, sedangkan data prestasi afektif diperoleh melalui angket. Hipotesis diuji menggunakan statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) tidak ada pengaruh penggunaan pendekatan CTL berbantuan modul dan media interaktif terhadap prestasi belajar kognitif, namun ada pengaruh terhadap prestasi belajar afektif, 2) ada pengaruh kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, namun tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar afektif, 3) ada pengaruh kecerdasan visual tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif, namun tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar afektif, 4) ada interaksi antara pendekatan CTL berbantuan modul dan media interaktif dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif, 5) ada interaksi antara pendekatan CTL berbantuan modul dan media interaktif dengan kecerdasan visual terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif, 6) ada interaksi antara kemampuan berpikir kritis dengan kecerdasan visual terhadap prestasi belajar kognitif, namun tidak ada interaksi terhadap prestasi belajar afektif, 7) ada interaksi antara pendekatan CTL berbantuan modul dan media interaktif, kemampuan berpikir kritis, kecerdasan visual terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif. Kata kunci : CTL, modul, media interaktif, kemampuan berpikir kritis, dan kecerdasan visual.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 31 Oct 2015 06:34
    Last Modified: 31 Oct 2015 06:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21160

    Actions (login required)

    View Item