PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES BERMEDIA GAMBAR TOKOH PERGERAKAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI I PLAOSAN, MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

SULISTYORINI, ERNA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES BERMEDIA GAMBAR TOKOH PERGERAKAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI I PLAOSAN, MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA.

[img]
Preview
PDF
Download (1280Kb) | Preview

    Abstract

    Model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan contoh-contoh berupa gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar. Media gambar pada penelitian ini adalah gambar tokoh Pergerakan Nasional pada masa awal, masa radikal dan masa moderat. Tujuan penelitan (1) untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples Bermedia Gambar Tokoh Pergerakan Nasional untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa, (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples Bermedia Gambar Tokoh Pergerakan Nasional untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Plaosan-Magetan pada siswa kelas VIII A yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Desember 2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada materi: Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Bermedia Gambar Tokoh Pergerakan Nasional dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil jawaban angket kesadaran sejarah yang diberikan oleh siswa pada siklus II I dapat diketahui bahwa rata-rata kesadaran sejarah siswa relatif tinggi, untuk pernyataan positif yaitu 94,55%, dan untuk pernyataan negatif 93,99%. Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Bermedia Gambar Tokoh Pergerakan Nasional juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus III menunjukkan bahwa jumlah nilai pre test 1.855, rata-rata nilai 71,35 Jumlah siswa di bawah KKM 15 siswa (57,69%), dan hanya 11 siswa yang mencapai KKM yaitu (42,31%). Sedangkan jumlah nilai hasil belajar dalam post test adalah 2.365, rata-rata nilai 90,96, dan tidak ada siswa yang nilainya di bawah KKM. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples, media gambar, tokoh pergerakan nasional, kesadaran sejarah , hasil belajar,

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LA History of education
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Roikhatul Miskiyah
    Date Deposited: 08 Oct 2015 17:55
    Last Modified: 08 Oct 2015 17:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21154

    Actions (login required)

    View Item