SUBKULTUR GRUNGE (Analisis Kritis tentang Konstruksi Realias Sosial dan Kesadaran Kritis Musisi Grunge di Kota Surabaya)

Laksono, Puji (2014) SUBKULTUR GRUNGE (Analisis Kritis tentang Konstruksi Realias Sosial dan Kesadaran Kritis Musisi Grunge di Kota Surabaya). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (71Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan musik di era globalisasi memunculkan subkultur-subkultur dalam kebudayaan dominan. Subkultur yang terlahir dari subkode rock banyak menciptakan budaya tanding dari mainstream. Subkultur grunge menunjukan sisi budaya tandingnya, dengan penolakanya terhadap kapitalisme, seperti grunge menawarkan kebebasan baru dengan memberikan ruang bagi para penganutnya untuk memuntahkan idealisme, kemarahan, kekecewaan terhadap lingkungan, polilik, sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas sosial, seperti kebebasan, dan perlawanan serta kesadaran kritis musisi grunge di kota Surabaya. Teori yang digunakan adalah teori konstruksi relitas sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann yang dipadukan dengan teori kritis yaitu teori musik Theodor Adorno. Penelitian ini dilakukan pada musisi grunge di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi yaitu objek, makna, pengalaman, dan kesadaran dari sudut pandang musisi grunge. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa musisi grunge memilih grunge sebagai aliran dalam bermusik, memiliki motivasi yang mengacu ke masa lalu dan masa depan. Motif yang menjadi penyebab antara lain adalah keterbatasan skill bermusik, pengaruh pergaulan, dan juga pengaruh orang dekat/keluarga. Motif tujuan antara lain keinginan untuk menyalurkan hobi bermusik dan keinginan menyalurkan aspirasi. Musisi grunge mengkonstruksi kebebasan dalam aspek karakteristik musikalitas yang tidak menuntut musisi untuk berskill tinggi, dan tidak berpatok pada standart baku, style penampilan yang menunjukkan kesederhanaan, dan etika Do It Yourself Kata Kunci : Subkultur, Grunge, Kesadaran kritis, Realitas sosial.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Sosiologi - S2
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 08 Oct 2015 11:13
    Last Modified: 08 Oct 2015 11:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21136

    Actions (login required)

    View Item