PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MELALUI ANIMASI FLASH PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI SMAN 1 ANDONG

Sari, Ika Genetika (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MELALUI ANIMASI FLASH PADA POKOK BAHASAN SISTEM EKSKRESI SMAN 1 ANDONG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (94Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengembangkan produk multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing melalui animasi flash pada materi sistem ekskresi; b) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing melalui animasi flash pada materi sistem ekskresi; c) Mengetahui efektivitas dan daya tarik multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing melalui animasi flash pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) modifikasi dari Borg and Gall (1989). Penelitian ini hanya sampai tahap uji skala besar. Kelayakan multimedia divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu ahli pembelajaran dan dua praktisi (guru biologi) ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan pembelajaran. Subjek uji coba penelitian adalah siswa SMAN 1 Andong yaitu 7 siswa untuk uji skala kecil, sedangkan untuk uji skala besar melibatkan 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen evaluasi (lembar observasi dan tes). Data hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotorik) dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: a) multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing melalui animasi flash pada pokok bahasan sistem ekskresi SMAN 1 Andong dikembangkan menggunakan model research and development modifikasi Borg and Gall; b) kualitas produk multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing melalui media animasi flash pada pokok bahasan sistem ekskresi mendapatkan nilai rerata 98,72 dengan kategori “sangat baik”; c) Uji skala luas dilakukan di SMAN 1 Andong Boyolali menunjukkan bahwa kelas multimedia memiliki nilai lebih besar dibandingkan nilai pada kelas kontrol. Pada aspek kognitif, rerata siswa kelas kontrol sebesar 69,92 sedangkan kelas multimedia sebesar 77,10. Pada aspek afektif, rerata siswa kelas kontrol sebesar 71,84, sedangkan kelas multimedia sebesar 87,52. Pada aspek psikomotorik, rerata siswa kelas kontrol sebesar 73,01, sedangkan siswa kelas multimedia sebesar 89,68. Hasil analisis dengan uij t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing melalui animasi flash terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kedua sampel penelitian. Berdasarkan efektivitas dan daya tarik multimedia interaktif berbasis inkuiri terbimbing melalui animasi flash pada materi sistem ekskresi mendapatkan respon positif dari siswa dengan katagori “Sangat menarik” Kata kunci: multimedia interaktif, inkuiri terbimbing, animasi flash, sistem ekskresi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Oct 2015 10:53
    Last Modified: 08 Oct 2015 10:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21134

    Actions (login required)

    View Item