PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN BEDSIDE TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN IBU MELAKUKAN PIJAT BAYI DI TINJAU DARI PARITAS

Lestari, Iis (2013) PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DAN BEDSIDE TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN IBU MELAKUKAN PIJAT BAYI DI TINJAU DARI PARITAS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (994Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Pijat adalah terapi sentuh tertua yang dikenal manusia dan yang paling popular, Ilmu kesehatan modern telah membuktikan secara ilmiah bahwa terapi sentuhan dan pijat pada bayi mempunyai banyak manfaat. Di Indonesia pelaksanaan pijat bayi di masyarakat desa masih dipegang perananannya oleh dukun bayi. Tujuan penelitian: Menganalisis pengaruh penyuluhan dengan menggunakan metode demonstrasi dan bedside teaching terhadap keterampilan ibu melakukan pijat bayi di tinjau dari paritas. Metodologi: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan kuasi eksperiment dengan dua kelompok yaitu kelompok intervensi (metode bedside teaching) dan kelompok control (demonstrasi). Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi di BPS Lestari, yaitu berjumlah 46 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis dengan ANOVA dua jalur, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas. Hasil: Menunjukkan bahwa Ada perbedaan pengaruh penyuluhan menggunakan metode demonstrasi dan bedside teaching terhadap keterampilan ibu melakukan pijat bayi (p=0,007), Tidak ada perbedaan pengaruh paritas primipara dan multipara terhadap keterampilan ibu melakukan pijat bayi (p=0,425), Tidak ada interaksi perbedaan pengaruh penyuluhan menggunakan metode demonstrasi dan bedside teaching dan paritas terhadap keterampilan ibu melakukan pijat bayi (p=0,126). Simpulan: Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dalam memberikan penyuluhan kesehatan khususnya tentang keterampilan, tidak hanya memperhatikan pemilihan metode yang tepat tetapi juga memperhatikan aspek lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan pemeberian penyuluhan kesehatan selain paritas. Kata Kunci : penyuluhan kesehatan, paritas, dan keterampilan pijat bayi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Oct 2015 10:35
    Last Modified: 08 Oct 2015 10:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21131

    Actions (login required)

    View Item