PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN PROYEK TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD) DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014

Rohmah, Iftitahur (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN PROYEK TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD) DAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (816Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran TAI dengan proyek teka-teki silang (crossword) dapat memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibanding dengan TAI dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi koloid siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta dan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah design Randomized Posttest Only Comparison Group Design. Teknik pengambilan data adalah dengan menggunakan tes untuk kognitif dan angket untuk afektif. Teknik analisis data berupa uji prasyarat dan uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan software SPSS 17. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesetaraan (t-matching). Uji hipotesis menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian pada materi koloid kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TAI dengan proyek teka-teki silang (crossword) memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan TAI dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS). Hal ini terbukti dari hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif dan afektif diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel. Untuk prestasi belajar kognitif thitung (1,700) lebih besar daripada ttabel (1,672) dan untuk prestasi belajar afektif thitung (2,263) lebih besar daripada ttabel (1,672). Kata Kunci: TAI, teka-teki silang, LKS, prestasi belajar, koloid

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Oct 2015 10:00
    Last Modified: 08 Oct 2015 10:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21124

    Actions (login required)

    View Item