KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KISAH SANG PENANDAI KARYA TERE LIYE (Kajian Psikologi Sastra)

Rahman, Ifa Hanifa (2014) KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KISAH SANG PENANDAI KARYA TERE LIYE (Kajian Psikologi Sastra). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (70Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik pada novel Kisah Sang Penandai karya Tere Liye; (2) kepribadian tokoh utama dalam novel Kisah Sang Penandai karya Tere Liye; (3) konflik batin yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Kisah Sang Penandai karya Tere Liye; (4) cara tokoh utama mengatasi konflik batinnya; dan (5) nilai pendidikan pada novel Kisah Sang Penandai karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang dipakai ialah novel Kisah Sang Penandai karya Tere liye. Teknik mengumpulkan data menggunakan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan ialah triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis interaktif yang meliputi empat tahapan, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) dari hasil analisis tentang unsur instrinsik dalam novel Kisah Sang Penandai diperoleh tema berupa pencarian jati diri. Tokoh utama dalam novel ini adalah Jim yang membawa cerita dengan alur maju. Penggambaran latar terbagi atas penggambaran latar tempat, waktu dan sosial. Gaya bahasa dominan dipakai dalam novel ini adalah majas simile; (2) tokoh Jim memiliki kepribadian sebagai seorang pengecut, sedangkan tokoh lain lebih memiliki kepribadian yang umum yaitu suka menolong, bijaksana; (3) semua tokoh utama dalam novel Kisah Sang Penandai mengalami konflik batin dengan super ego sebagai salah satu aspek yang mampu menghalangi aspek ego melakukan tindakan yang kurang baik; (4) mekanisme pertahanan ego menjadi salah satu jalan seluruh tokoh utama dalam menyelesaikan koflik batin. Cara yang paling banyak digunakan oleh tokoh ialah mekanisme pertahanan ego jenis pemindahan objek; dan (5) nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Kisah Sang Penandai adalah nilai pendidikan religi, moral, dan sosial. Simpulan dalam penelitian ini adalah konflik batin terjadi pada seluruh tokoh utama dalam novel Kisah Sang Penandai. Kata kunci : novel, tokoh utama, konflik batin, nilai pendidikan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Oct 2015 07:29
    Last Modified: 08 Oct 2015 07:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21122

    Actions (login required)

    View Item