PENGARUH KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2013

WIJAYANTI, IDA (2014) PENGARUH KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1855Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari kualitas audit terhadap manajemen laba. Penilitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 56 perusahaan manufaktur periode 2010-2013 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode pengumpulan data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari website IDX (www.idx.co.id). Penelitian ini dalam pengolahan data menggunakan pengujian regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Penelitian ini menggunakan Modified Jones Model untuk menghitung discretionary accrual yang menjadi proksi dari manajemen laba. Kualitas Audit diproksikan dalam Ukuran KAP, Independensi Auditor, Auditor Spesialis Industri. Hasil penelitian ini menunjukan Ukuran KAP, Independensi Auditor, Auditor Spesialis Industri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Manajemen Laba. Kata Kunci: Manajemen Laba, Kualitas Audit, Ukuran KAP, Independensi Auditor, Auditor Spesialis Industri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Oct 2015 07:06
    Last Modified: 08 Oct 2015 07:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21120

    Actions (login required)

    View Item