PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN, ANGKA RUJUKAN, WAKTU TUNGGU, DAN WAKTU KONSULTASI PASIEN DENGAN PEMBAYARAN KAPITASI DAN FEE FOR SERVICE

Astuti, Ida Srisurani Wiji (2013) PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN, ANGKA RUJUKAN, WAKTU TUNGGU, DAN WAKTU KONSULTASI PASIEN DENGAN PEMBAYARAN KAPITASI DAN FEE FOR SERVICE. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (591Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang : Tingginya angka rujukan dokter keluarga ke Rawat Jalan Tingkat Lanjut (15%) di Jember menggambarkan kualitas pelayanan dokter keluarga sebagai provider PT. Askes. Dengan kata lain pelayanan dokter keluarga belum memuaskan, sehingga menambah beban rumah sakit sebagai RJTL. Tujuan: Menganalisis perbedaan kualitas pelayanan dan rujukan dokter keluarga dengan pembayaran kapitasi dibandingkan dokter umum dengan pembayaran fee for service. Waktu dan tempat: penelitian dilakukan di wilayah kerja PT. Askes Cabang Jember pada bulan Juni sampai dengan Juli 2013. Metode: analitik observasional dengan pendekatan potong lintang. Populasi: pasien yang berkunjung ke dokter keluarga baik umum maupun askes serta dokter keluarga di Jember. teknik sampling: menggunakan quota sampling untuk pasien umum dan askes berjumlah 214 orang. Total sampling untuk 21 dokter keluarga di Jember. Analisis data: kolmogorov smirnov dan man whitney. Hasil penelitian: terdapat perbedaan yang bermakna kualitas pelayanan menurut persepsi pasien, antara dokter dengan metode pembayaran kapitasi dan fee for service (p value (0,007) < α (0,05)). Pasien dokter dengan fee for service 1 poin lebih puas daripada pasien dokter kapitasi. Selain itu, dokter dengan metode pembayaran kapitasi lebih banyak merujuk pasien rata-rata 3 kali dibanding dokter dengan metode pembayaran fee for service. Hal ini terlihat dari nilai p (0,002) < α (0,05). Demikian juga untuk waktu tunggu, dengan nilai p (0,028) kurang dari α (0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan waktu tunggu antara pasien kapitasi dan fee for service. Pasien kapitasi menunggu 3,77 menit lebih lama daripada pasien fee for service.Sedangkan untuk waktu konsultasi didapati bahwa nilai p (0,127) lebih dari α (0,05). Hal ini mengandung pengertian bahwa tidak ada beda yang signifikan antara waktu konsultasi pasien kapitasi dengan fee for service, atau dengan kata lain Ho diterima. Simpulan: metode pembayaran berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, tingkat rujukan, waktu tunggu dan waktu konsultasi dokter Rawat Jalan Tingkat Pertama. Kata kunci : kualitas dokter keluarga, rujukan, waktu tunggu dan konsultasi, metode pembayaran.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 08 Oct 2015 06:52
    Last Modified: 08 Oct 2015 06:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21119

    Actions (login required)

    View Item