Penerapan Sistem Pembelajaran “Fun & Full Day School” Untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SDIT Al Islam Kudus

Setiyarini, Ida Nurhayati (2013) Penerapan Sistem Pembelajaran “Fun & Full Day School” Untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SDIT Al Islam Kudus. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (753Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan, evaluasi, mengidentifikasi kendala dan solusi mengatasi kendala penerapan sistem pembelajaran “fun & full day school” untuk meningkatkan religiusitas peserta didik di SDIT Al Islam Kudus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Informan adalah kepala sekolah, guru dan siswa di lingkungan SDIT Al Islam Kudus. Tempat dan peristiwa Proses penerapan sistem pembelajaran “fun & full day school” adalah SDIT Al Islam Kudus. Dokumen yang menjadi sumber data adalah segala dokumen baik berupa foto, file, maupun lembaran yang berkaitan dengan pembelajaran di SDIT Al Islam Kudus. Data yang diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan, dan data yang diperoleh melalui dokumen perencanaan pembelajaran, dan berdasarkan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yang merupakan gabungan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, 1) SDIT Al Islam Kudus sudah merencanakan pembelajaran dengan mengembangkan dan mengelola pembelajaran dalam sistem full day school dengan baik serta didukung perencanaan yang dilakukan guru yang baik pula yang mengikuti model desain pembelajaran Dick, Carey, and Carey. 2) Pelaksanaan pembelajaran terpadu dan seimbang dalam fun & full day school sudah berjalan sangat baik dengan tujuan mencetak generasi sholih (meningkatkan religiusitas) dan berprestasi 3) Evaluasi yang dilaksanakan pada sistem pembelajaran fun & full day school untuk meningkatkan religiusitas peserta didik telah menggunakan jenis dan teknik penilaian yang beragam. 4) Kendala yang dihadapi pada penerapan sistem pembelajaran fun & full day school berasal dari dua sumber, yaitu dari guru dan peserta didik. Kata kunci: Sistem Pembelajaran Fun & Full Day School, Religiusitas Peserta Didik

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 07 Oct 2015 21:28
    Last Modified: 07 Oct 2015 21:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21118

    Actions (login required)

    View Item