PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN POLA TATA LETAK PRODUK RETAIL ASSALAM HYPERMARKET SURAKARTA Implementasi: Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

HARTANTO, WIWIN (2015) PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN POLA TATA LETAK PRODUK RETAIL ASSALAM HYPERMARKET SURAKARTA Implementasi: Mata Kuliah Manajemen Pemasaran. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (110Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mendapatkan pola pembelian produk atau penggunaan jasa yang kemudian dapat dikembangkan menjadi strategi pemasaran, mendapatkan model tata letak produk pada hypermarket untuk memudahkan konsumen dalam mencari produk, menghasilkan program aplikasi Market Basket Analysis dengan metode algoritma Apriori menggunakan bahasa pemrograman PHP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Reseach and Development menggunakan aturan linear sequential (waterfall) dikarenakan hasil dari penelitian ini yaitu sistem aplikasi. Data yang akan digunakan untuk pengujian sistem ini adalah data hasil transaksi pada bulan September 2013 dari hypermarket Assalam. Struktur data meliputi data yang ada pada struk pembelian diantaranya Nomor Transaksi, Nomor Nota, Tanggal Transaksi, Nama Barang, Jumlah Barang, Harga Satuan. Hasil penelitian ini menunjukkan aplikasi metode data mining market basket analysis yang dibuat dapat digunakan untuk menampilkan informasi pola pembelian produk yang sering dilakukan oleh konsumen dalam satu keranjang belanja dan model tata letak produk sesuai dengan pola pembelian produk yang dilakukan oleh konsumen. Informasi yang ditampilkan berupa nilai support dan confidence hubungan antara dua barang dan tiga barang. Semakin tinggi nilai confidence dan support maka semakin kuat nilai hubungan antar atribut. Hasil dari proses data mining ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan lebih lanjut oleh manajemen. Kata kunci : Market Basket Analysis, Marketing, Algoritma Apriori, Association Rule, Data Mining

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 15:00
    Last Modified: 07 Oct 2015 15:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21106

    Actions (login required)

    View Item