EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

WIDODO, (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (110Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) model pembelajaran manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan guided discovery learning, tipe Jigsaw dan model pembelajaran langsung, 2) peserta didik dengan kategori locus of control manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik diantara peserta didik dengan locus of control tinggi, peserta didik dengan locus of control sedang atau peserta didik dengan locus of control rendah, 3) pada masing-masing kategori locus of control peserta didik, model pembelajaran manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan guided discovery learning, tipe Jigsaw atau model pembelajaran langsung., dan 4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik diantara peserta didik dengan locus of control tinggi, peserta didik dengan locus of control sedang atau peserta didik dengan locus of control rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian sebanyak 263 peserta didik yang diambil menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket locus of control. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan guided discovery learning memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, 2) peserta didik yang mempunyai locus of control tinggi memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki locus of control sedang dan rendah. Peserta didik yang mempunyai locus of control sedang memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki locus of control rendah, 3) pada peserta didik yang memiliki locus of control tinggi, model pembelajaran Jigsaw dengan guided discovery learning menghasilkan prestasi belajar yang sama dengan model pembelajaran Jigsaw, model pembelajaran Jigsaw menghasilkan prestasi belajar yang sama dengan pembelajaran langsung, namun model pembelajaran Jigsaw dengan guided discovery learning menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung. Pada peserta didik yang memiliki locus of control sedang dan rendah model pembelajaran Jigsaw dengan guided discovery learning, Jigsaw dan model pembelajaran langsung menghasilkan prestasi belajar yang sama, 4) pada model pembelajaran Jigsaw dengan guided discovery learning, peserta didik yang memiliki locus of control tinggi menghasilkan prestasi belajar yang yang sama dengan peserta didik yang memiliki locus of control sedang, dan keduanya menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki locus of control rendah. Pada model pembelajaran Jigsaw dan langsung, peserta didik dengan locus of control tinggi memiliki prestasi belajar yang sama dengan peserta didik yang memiliki locus of control sedang dan rendah. Kata kunci: Jigsaw dengan guided discovery learning, Jigsaw, pembelajaran langsung, locus of control, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 14:45
    Last Modified: 07 Oct 2015 14:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21102

    Actions (login required)

    View Item