NOVEL MEMANG JODOH KARYA MARAH RUSLI (Tinjauan Sosiologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, dan Relevansinya dengan Pembelajaran Kritik Sastra di Perguruan Tinggi)

FITRIANI, WINDA AYU CAHYA (2015) NOVEL MEMANG JODOH KARYA MARAH RUSLI (Tinjauan Sosiologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, dan Relevansinya dengan Pembelajaran Kritik Sastra di Perguruan Tinggi). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (81Kb) | Preview

    Abstract

    Novel Memang Jodoh karya Marah Rusli adalah novel yang menggambarkan keadaan sosial budaya masyarakat Padang dan Sunda golongan bangsawan pada tahun 1900-an. Pola kehidupan yang menjunjung tinggi muatan budaya, kesukuan, dan permasalahan adat istiadat menjadi bagian yang menarik dari novel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) sosiologi pengarang dalam novel Memang Jodoh, (2) aspek sosial budaya yang terdapat dalam novel Memang Jodoh, (3) tanggapan pembaca terhadap novel Memang Jodoh, (4) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Memang Jodoh, dan (5) relevansi novel Memang Jodoh karya Marah Rusli dengan pembelajaran Kritik Sastra di Perguruan Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan analisis dokumen. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian ini meliputi: (1) sosiologi pengarang, Marah Rusli ditinjau dari latar belakang pendidikan pengarang, status sosial pengarang, ideologi pengarang, latar belakang sosial budaya pengarang, dan profesionalisme kepengarangan, (2) aspek sosial budaya masyarakat Padang yang terkandung dalam novel Memang Jodoh karya Marah Rusli diwujudkan melalui aspek religi dan kepercayaan, aspek kemasyarakatan, aspek pendidikan, pekerjaan, bahasa, kebiasaan, serta aspek peralatan hidup dan teknologi, (3) tanggapan pembaca mengenai novel Memang Jodoh, bahwa novel ini memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang keadaan sosial budaya pada zaman dahulu sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, (4) di dalam novel Memang Jodoh karya Marah Rusli ditemukan sebelas nilai pendidikan karakter, diantaranya karakter religius, mandiri, kerja keras, tanggung jawab, toleransi, jujur, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, cinta damai, dan peduli sosial, dan (5) novel Memang Jodoh karya Marah Rusli mempunyai relevansi dengan pembelajaran Kritik Sastra, yaitu sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Kritik Sastra di perguruan tinggi. Kata kunci : sosiologi sastra, nilai pendidikan karakter, pembelajaran

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 14:57
    Last Modified: 07 Oct 2015 14:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21100

    Actions (login required)

    View Item