PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR SOSIAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR TAHUN 2009-2011

SUNARTOMO, WIDHI (2015) PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR SOSIAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR TAHUN 2009-2011. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (97Kb) | Preview

    Abstract

    Pemerintah sebagai pelaksana pembangunan membutuhkan manusia yang berkualitas sebagai modal dasar bagi pembangunan. Pengeluaran pemerintah digunakan untuk membiayai sektor-sekor publik tercermin dari indeks pembangunan manusia. Penelitian ini akan melihat pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan pengeluaran pemerintah bidang perlindungan sosial terhadap indeks pembangunan manusia di Jawa Timur tahun 2009-2011. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis pengaruh secara simultan pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan pengeluaran pemerintah bidang perlindungan sosial terhadap indeks pembangunan manusia di Jawa Timur tahun 2009-2011; 2) menganalisis pengaruh secara parsial pengaruh pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan pengeluaran pemerintah bidang perlindungan sosial terhadap indeks pembangunan manusia di Jawa Timur tahun 2009-2011. Data yang digunakanan adalah data panel yaitu cross section sebanyak 38 kabupaten/kota, dan time series tahun 2009 sampai dengan 2011 dengan demikian menghasilkan 114 observasi. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan tingkat kepercayaan 95,00%, dan sebagai alat pengolahan data menggunakan program Eviews. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan pengeluaran pemerintah bidang perlindungan sosial secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia di Jawa Timur; 2) pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan dan pengeluaran pemerintah bidang perlindungan sosial secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia di Jawa Timur. Pengeluaran pemerintah yang besar sebaiknya dikombinasikan dengan pemerataan hasil-hasilnya dan penataan sistem pembiayaan pendidikan, pembiayaan kesehatan dan perlindungan sosial yang berprinsip keadilan, efisien, transparan dan akuntabel, serta perlu pengawasan sehingga tepat sasaran dapat menaikkan indeks pembangunan manusia. Kata kunci : Pengeluaran pemerintah dan indeks pembangunan manusia.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 14:45
    Last Modified: 07 Oct 2015 14:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21098

    Actions (login required)

    View Item