PERBEDAAN RASIO RENTANG LENGAN-TINGGI BADAN PADA MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2008 FK UNIVERSITAS SEBELAS MARET

BUDIASTUTI, ANNISA (2015) PERBEDAAN RASIO RENTANG LENGAN-TINGGI BADAN PADA MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2008 FK UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (163Kb) | Preview

    Abstract

    Antropometri Abstrak : Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasio rentang lengan tinggi badan pada mahasiswa Pendidikan Dokter Angkatan 2008 FK Universitas Sebelas Maret dan mengetahui perbedaan rasio rentang lengan dan tinggi badan laki-laki dan perempuan. Cara Penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilaksanakan secara purposive sampling. Dari populasi yang ada, dilakukan random dan didapatkan 60 sampel yang terdiri dari 30 mahasiswa laki-laki dan 30 mahasiswa perempuan, kemudian dilakukan pengukuran rentang lengan dan tinggi badan. Rentang lengan diukur dengan menggunakan pita meteran pengukur dari ujung jari terpanjang kanan hingga ujung jari terpanjang kiri. Tinggi badan diukur dalam posisi anatomis menggunakan microtoise staturmeter. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Uji normalitas data Kolmogorov-Smirnov dan dilanjutkan dengan uji t tidak berpasangan jika sebaran data normal. Hasil Penelitian: Uji t menunjukkan nilai Sig.(p) = 0,03 yang berarti Sig.(p) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang bermakna. Simpulan Penelitian: Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rasio rentang lengan dan tinggi badan pada mahasiswa laki-laki dan perempuan Pendidikan Dokter Angkatan 2008 FK Universitas Sebelas Maret.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 07 Oct 2015 14:20
    Last Modified: 07 Oct 2015 14:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21096

    Actions (login required)

    View Item