UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KEBUGARAN JASMANI 2012 MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS V A SD KANISIUS KEPRABON 02 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FITRIANA, ANIS (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KEBUGARAN JASMANI 2012 MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS V A SD KANISIUS KEPRABON 02 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (87Kb) | Preview

    Abstract

    KEBUGARAN JASMANI 2012 MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA KELAS V A SD KANISIUS KEPRABON 02 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus.2014. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Senam Kebugaran Jasmani 2012 melalui penerapan Gaya Mengajar Inklusi Pada Siswa Kelas V A SD Kanisius Keprabon 02 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD Kanisius Keprabon 02 Surakarta yang berjumlah 33 Siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 17 siswa putri. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan Gaya Mengajar Inklusi diperoleh hasil belajar Senam Kebugaran Jasmani 2012 dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil observasi unjuk kerja dari prasiklus, dari 33 siswa ketuntasan 8 siswa (24,24 %) dan belum tuntas 25 siswa (75,76%). Pada siklus I, hasil belajar Senam Kebugaran Jasmani 2012 ketuntasan siswa mencapai 18 siswa (54,55%). Pada siklus II, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat mencapai 28 siswa (84,85%) sedangkan 5 siswa (15,15%) lainnya belum tuntas dengan KKM 75. Pada pelaksanaan Siklus I Hasil belajar Senam Kebugaran Jasmani 2012 meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar Senam Kebugaran Jasmani 2012 meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar Senam Kebugaran Jasmani 2012 pada siswa kelas V A SD Kanisius Keprabon 02 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : hasil belajar, Senam Kebugaran Jasmani 2012, gaya mengajar inklusi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 07 Oct 2015 14:06
    Last Modified: 07 Oct 2015 14:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21094

    Actions (login required)

    View Item