EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN WINPLOT DAN TAI PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Wawan, (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN WINPLOT DAN TAI PADA MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (123Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran STAD berbantuan Winplot, model TAI atau model pembelajaran langsung berbantuan PowerPoint, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang atau rendah, (3) pada masingmasing kategori kemampuan penalaran matematis, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran STAD berbantuan Winplot, model pembelajaran TAI atau model pembelajaran langsung berbantuan PowerPoint, (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang atau rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 3 × 3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA di Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 235 siswa dengan rincian 80 siswa pada kelas eksperimen satu, 77 siswa pada kelas eksperimen dua dan 78 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian berbentuk tes yakni tes kemampuan penalaran matematis dan tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah anava dua jalan dengan sel tak sama. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran STAD berbantuan Winplot menghasilkan prestasi belajar lebih baik dari model pembelajaran TAI dan model pembelajaran langsung berbantuan PowerPoint, sedangkan model pembelajaran TAI menghasilkan prestasi belajar lebih baik dari model pembelajaran langsung berbantuan PowerPoint, (2) siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang dan rendah, sementara siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah, (3) pada masing-masing kategori kemampuan penalaran matematis, model pembelajaran STAD berbantuan Winplot menghasilkan prestasi belajar lebih baik dari model pembelajaran TAI dan model pembelajaran langsung berbantuan PowerPoint, sedangkan model pembelajaran TAI menghasilkan prestasi belajar lebih baik dari model pembelajaran langsung berbantuan PowerPoint, (4) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang dan rendah, sementara siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah. Kata Kunci: STAD, Winplot, TAI, pembelajaran langsung, PowerPoint, penalaran matematis, prestasi belajar matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 14:25
    Last Modified: 07 Oct 2015 14:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21090

    Actions (login required)

    View Item