FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN E-LIBRARY PADA SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) DI WILAYAH SURAKARTA TAHUN 2013

Widianingrum, Santy (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN E-LIBRARY PADA SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) DI WILAYAH SURAKARTA TAHUN 2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (2091Kb) | Preview

    Abstract

    Santy Widianingrum. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN E-LIBRARY PADA SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) DI WILAYAH SURAKARTA TAHUN 2013. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan, kualitas kolaborasi terhadap penggunaan. (2) pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas pelayanan dan kualitas kolaborasi terhadap kepuasan pengguna sistem. (3) pengaruh penggunaan terhadap kepuasan pengguna sistem. (4) pengaruh kepuasan pengguna sistem terhadap penggunaan. (5) pengaruh penggunaan terhadap manfaat-manfaat bersih. (6) pengaruh kepuasan pengguna sistem terhadap manfaat- manfaat bersih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang masih aktif bersekolah pada SMK di Surakarta dengan sampel sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yang dikolaborasikan dengan cluster sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kesuksesan e-library ditentukan oleh faktor penggunaan dan kepuasan pemakai yang keduanya berhubungan secara positif terhadap manfaat-manfaat bersih dengan nilai t-statistic sebesar 2,6512 dan 5,3809. (2) intensi penggunaan elibrary ditentukan oleh faktor kualitas kolaborasi dan kepuasan pemakai dengan nilai t-statistic sebesar 2,6024 dan 4,9237. (3) kepuasan pemakai e-library ditentukan oleh faktor kualitas sistem, kualitas kolaborasi dan penggunaan dengan nilai t-statistic sebesar 3,593 ; 3,4052 ; dan 4,9237. Kata Kunci: E-library, Information System Success, DeLone & McLean Model.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 07 Oct 2015 13:38
    Last Modified: 07 Oct 2015 13:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21080

    Actions (login required)

    View Item