PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU EMPATI PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI IX KERTEN TAHUN 2013/2014

U., Saparida Rahmi (2014) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU EMPATI PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI IX KERTEN TAHUN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (92Kb) | Preview

    Abstract

    Saparida Rahmi U. X8110534. PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU EMPATI ANAK PADA KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI IX KERTEN TAHUN 2013/2014. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku empati pada anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten tahun 2013/2014 melalui penerapan metode role playing. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kegiatan dengan prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten tahun 2013/2014 yang berjumlah 12 anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan langkah-langkah meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode role playing pada anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten, perilaku empati dapat meningkat. Pada kondisi awal persentase ketuntasan anak mencapai 16,7%, pada siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan anak mencapai 25% pada siklus I pertemuan 2 mencapai 33,3%, pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan anak mencapai 58,3% pada siklus II pertemuan 2 mencapai 83,3%. Sesuai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 75%, dapat diketahui bahwa kondisi awal dan siklus I belum mencapai target yang ditetapkan untuk itu peneliti melanjutkan ke siklus II, pada siklus II indikator ketercapaian mencapai 83,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui metode role playing dapat meningkatkan perilaku empati anak kelompok B TK Islam Bakti IX Kerten. Kata kunci: Metode Role playing, Perilaku Empati

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 07 Oct 2015 13:26
    Last Modified: 07 Oct 2015 13:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21074

    Actions (login required)

    View Item