PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP VOLUNTARY DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2011)

WIDHOWATI, YANNA AMALIA (2015) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP VOLUNTARY DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2011). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (502Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari corporate governance terhadap voluntary disclosure pada perusahaan manufaktur di Indonesia pada periode tahun 2010-2011. Corporate governance diukur dengan menggunakan kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, frekuens ipertemuan komite audit, dan kualitas auditor eksternal. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2011. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan menghasilkan 94 perusahaan manufaktur.Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris dan frekuensi pertemuan komite audit berpengaruh positif terhadap voluntary disclosure. Sebaliknya, ukuran komite audit dan kualitas auditor eksternal tidak berpengaruh terhadap voluntary disclosure pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode tahun 2010-2011. Kata Kunci: Corporate Governance, Ukuran Dewan Komisaris, Frekuensi Pertemuan Komite Audit, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Komite Audit, Kualitas Auditor Eksternal, Voluntary Disclosure

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 13:30
    Last Modified: 07 Oct 2015 13:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21070

    Actions (login required)

    View Item