PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM TANGGAP BENCANA ALAM SEBAGAI WUJUD CIVIC SKILL (Studi analisis di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten)

SUTOWO, YADI (2015) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM TANGGAP BENCANA ALAM SEBAGAI WUJUD CIVIC SKILL (Studi analisis di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (346Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana bentuk partisipasi warganegara, pembentukan partisipasi dan pengembangan partisipasi di wilayah beresiko bencana alam sebagai wujud dari keterampilan kewarganegaraan (Civic Skill). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian dilaksanakan dalam periode tertentu yaitu dimulai pada bulan April tahun 2012 sampai dengan bulan Juli 2013. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dianggap mengetahui permaslahan yang diteliti, dokumen, dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara (interview), observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan cara triangulasi data. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) tahap persiapan (2) tahap pengumpulan data, tahap analisis data (4) dan tahap penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) bentuk partisipasi warga Desa Balerante sebagai wujud dari keterampilan warganegara (Civic Skill) dengan cara menjadi angota kelompok-kelompok atau organisasi penanggulangan dan pengurangan resiko bencana alam gunung merapi di Desa Balerante, melakukan kegiatan pemantauan situasi gunung merapi secara bergiliran kemudian hasil pemantauan tersebut di informasikan kepada warga yang lain melalui media elektronik alat lomunikasi 2 arah (Handy Tolky, Rig) dan jejaring sosial facebook, dan mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan untuk menambah keterampilan untuk menghadapi bencana serta memasang marka jalur evakusi menuju ke zona aman. (2) metode pembentukan partisipasi warga dan pengembangannya dilakukan dengan metode ORID dan Perencanaan Tindakan.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 12:56
    Last Modified: 07 Oct 2015 12:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21056

    Actions (login required)

    View Item