PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELILING TAHUN AJARAN 2011/2012

WIDIYANTI, ENY (2012) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELILING TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
PDF
Download (116Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Eny Widiyanti. PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELILING TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2012. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dalam peningkatan kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling Tahun Ajaran 2011/2012, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca cepat pada siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash, dan (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 22 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi instrumen. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash yang tepat dan sesuai dengan langkah-langkah penggunaannyan dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Kemampun membaca cepat siswa meningkat dari 76 kpm pada pretest, menjadi 87 kpm pada siklus I, kemudian pada siklus II menjadi 98 kpm, dan pada siklus III menjadi 102 kpm. Siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash dalam pembelajaran membaca cepat. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling tahun ajaran 2011/2012. Kata kunci: Macromedia Flash, kemampuan, membaca cepat

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Roikhatul Miskiyah
    Date Deposited: 07 Oct 2015 12:47
    Last Modified: 07 Oct 2015 12:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21054

    Actions (login required)

    View Item