EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA: TINJAUAN FAKTOR RASIONAL, POLITIK, DAN BUDAYA (Studi Kasus di Universitas Sebelas Maret)

Nugraeni, Sari (2013) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA: TINJAUAN FAKTOR RASIONAL, POLITIK, DAN BUDAYA (Studi Kasus di Universitas Sebelas Maret). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (201Kb) | Preview

    Abstract

    EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI ANGGARAN BERBASIS KINERJA: TINJAUAN FAKTOR RASIONAL, POLITIK, DAN BUDAYA (Studi Kasus di Universitas Sebelas Maret) SARI NUGRAENI NIM. F0309080 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh faktor rasional, politik, dan budaya terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja di Universitas Sebelas Maret. Faktor rasional terdiri atas sumber daya, informasi, orientasi tujuan, dan pengukuran kinerja. Faktor politik diukur oleh variabel kelompok internal. Faktor budaya diukur melalui variabel sikap. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei melalui instrumen kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel penelitian pejabat di UNS. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 187 responden. Semua populasi dijadikan sampel karena memenuhi kriteria sebagai sampel. Pada batas akhir pengumpulan data hanya 48 data yang berhasil diolah. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif untuk mengetahui deskripsi tentang responden penelitian dan persepsi responden terhadap variabel yang diteliti. Uji validitas dan reliabilitas juga digunakan untuk menguji instrumen penelitian. Selanjutnya, uji regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor rasional yaitu sumber daya, informasi, orientasi tujuan, dan pengukuran kinerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap implementasi anggaran berbasis kinerja. Sedangkan faktor politik yang diukur oleh kelompok internal berpengaruh positif signifikan. Faktor budaya yang diukur oleh sikap memiliki pengaruh positif tidak signifikan. Kata Kunci:implementasi anggaran berbasis kinerja, faktor rasional, faktor politik, faktor budaya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 07 Oct 2015 12:19
    Last Modified: 07 Oct 2015 12:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21037

    Actions (login required)

    View Item