UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA ANAK KELOMPOK B TK 01 NGEPUNGSARI TAHUN AJARAN 2013/2014

Rahmawati, Sari (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA ANAK KELOMPOK B TK 01 NGEPUNGSARI TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (105Kb) | Preview

    Abstract

    Sari Rahmawati. NIM K8110050. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA ANAK KELOMPOK B TK 01 NGEPUNGSARI TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 melalui pendekatan matematika realistik. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, penilaian kinerja (unjuk kerja), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK 01 Ngepungsari Jatipuro Karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Hal itu dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 2,08, pada siklus I naik menjadi 2,32, dan pada siklus II naik lagi menjadi 2,88. Persentase ketuntasan belajar anak dengan kriteria ketuntasan 2,33 pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 37,5%, pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 62,5%, dan pada siklus II mengalami kenaikan lagi menjadi 81,25% Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B TK 01 Ngepungsari tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: kemampuan berhitung, pendekatan matematika realistik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 07 Oct 2015 12:06
    Last Modified: 07 Oct 2015 12:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21030

    Actions (login required)

    View Item