IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN MUSLIM ATAS PANGAN (DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN)

Putra, Yudhistira Andhika (2014) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN MUSLIM ATAS PANGAN (DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (664Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Yudhistira Andhika Putra, E 0010363. 2014. Implementasi Perlindungan Konsumen Muslim ata s Pangan (Ditinjau dari UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya melindungi konsumen muslim yang ada di Indonesia dari kecurangan yang dilakukan oleh p elaku usaha yang nakal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi UU No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan ditambah peraturan – peraturan lainnya yang mengatur masalah tentang perlindungan konsumen dalam melindungi konsumen muslim ter sebut dari tindak kejahatan, serta menganalisis faktor - faktor yang menjadi hambatannya dan memberikan solusi dari hambatan – hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif atau penelitian hukum kepustakaan yang bersifat preskriptif atau terapan. Jenis data yang digunakan adalah sumber penelitian sekunder, yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti diantaranya peraturan perundang - undangan, fatwa Majelis Ulama Indonesia, kitab suci Al - Qur’an maupun Al - Hadits, dokumen - dokumen resmi , buku - buku, serta jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi UU No. 8 Tahun 1999 ini dalam melindungi konsumen muslim memang su dah disinggung. Akan tetapi, ada beberapa hal mengenai kelayakan produk makanan yang belum tertulis jelas dan dilengkapi oleh peraturan perundang – undangan yang lain, contohnya UU No.18Tahun 2012 tentang Pangan. Adapun penyelesaian yang mungkin bisa dilak ukan dari hambatan – hambatan yang muncul yaitu melalui pendekatan dan sosialisasi yang dilakukan pemerintah dan kesadaran dari pihak pelaku usaha untuk berbuat jujur sesuai peraturan yang berlaku dan kaidah Agama Islam demi tercapainya perlindungan konsum en muslim atas pangan di Indonesia. Kata kunci: implementasi, pangan, konsumen muslim

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 07 Oct 2015 12:01
    Last Modified: 07 Oct 2015 12:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21025

    Actions (login required)

    View Item