PENG EMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN 2013/2014

NUGRAHA, YUDHA ADIATAMA (2014) PENG EMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1847Kb) | Preview

    Abstract

    ABS TRAK YUDHA ADIATAMA NUGRAHA. NIM: S 861302021. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Institut Indonesia Kota Semarang. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M. Pd., Pembimbin g II: Prof. Dr. Sunardi, M.Sc., Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana,Univer sitas Sebelas Maret Surakarta. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) merupakan satu bidang studi yang dipelajari pada pendidikan Sekolah Menengah Pertama . Bidang studi ini menerapkan pendekatan interdisipliner, baik dalam mendesain kurikulum maupun dalam rangka penyampaiannya kepada para siswa. Sebagai mata pelajaran yang syarat dengan pengetahuan sosial ini banyak memiliki kontribusi bagi siswa se bagai tunas bangsa dalam membentuk diri menjadi warga negara yang tangguh dan berbudaya tinggi. Media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan pembelajaran IPS se belumnya di S MP Institut Indonesia Semarang , 2) Mengembangkan media pembelajaran IPS Terpadu berbasis animasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMP Institut Indonesia Semarang , 3) menilai efektivitas media pembelajaran IPS Terpadu berbasi s animasi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di S MP Institut Indonesia Semarang . Berdasarkan tujuannya ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall. Desain pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan media adalah desain ADDIE dari Molenda. Penyusunan data untuk media yang dikembangkan dengan memanfaat kan sofwert pembuat animasi seperti micromedia flash, corel, adolf cs3 , kemudian di peroleh produk akhir berupa media . Pengumpulan data dila kukan dengan wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Hasil wawancara dan observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan kuesioner dan tes dianalisis secara kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Guru mat a pela jaran IPS di Institut Indonesia, Kota Semarang masih menggunakan metode konvensional dengan cara ceramah dan tanya jawab serta belum pernah menggunakan media pembelajaran; 2) Media pembelajaran yang dikembangkan dinilai baik oleh para ahli dan praktisi ; 3) Efektifitas dari media pembelajaran IPS Terpadu untuk variabe l motivasi diperoleh t hit = 2,742 dengan nilai sig = 0,008 < 0,05 sedangkan untuk untuk variab el peningkatan hasil belajar diperoleh t hit = 2,649 dengan nilai sig = 0,01 < 0,05 disimpulkan terd apat perbedaan motivasi dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas k ontrol setelah diberikan treatment . Dengan kata lain media pembelajaran IPS Terpadu berbasis animasi efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa S MP Institut Indon esia Semarang . Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran animasi, pembelajaran IPS Terpadu

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 07 Oct 2015 11:40
    Last Modified: 07 Oct 2015 11:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21014

    Actions (login required)

    View Item