COMPARATIVE STUDY OF TENOR ON NEWS TEXTS ON GREENPEACE AND JAPAN TIMES RELATED TO THE FUKUSHIMA NUCLEAR CRISIS: A SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH

Wulan S.P, Anggun Dwi (2013) COMPARATIVE STUDY OF TENOR ON NEWS TEXTS ON GREENPEACE AND JAPAN TIMES RELATED TO THE FUKUSHIMA NUCLEAR CRISIS: A SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

Full text not available from this repository.

Abstract

COMPARATIVE STUDY OF TENOR ON NEWS TEXTS ON GREENPEACE AND JAPAN TIMES RELATED TO THE FUKUSHIMA NUCLEAR CRISIS: A SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS APPROACH. Thesis: Sastra Inggris Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Sebelas, UNS. Penelilitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang mengaplikasikan metode deskriipsi-komparasi. Penelitian ini membandingkan dua artikel yang berasal dari Greenpeace dan Japan Times mengenai krisis nuklir yang terjadi di Fukushima menggunakan pendekatan Systemic Functional Linguistics (SFL). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tiga aspek yang terdapat pada tenor; status, affect, dan kontak. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan ideologi yang diaplikasikan pada setiap artikel untuk kemudian dibandingkan antara persamaan dan perbedaannya. Data dalam penelitian ini adalah leksikogramar, genre, dan struktur teks. Data dalam penelitian ini merupakan teks berita yang diperoleh dari Greenpeace yang dipublikasikan di www.greenpeace.org pada tanggal 19 Februari 2013 dan Japan Times yang dipublikasikan di www.japantimes.co.jp pada tanggal 3 Agustus 2012. Penelitian ini menerapkan tehnik total sampling karena semua kalimat di kedua artikel ini akan dianalisis. Dalam menganalisa teks ada empat analisis yang digunakan; domain analisis, taxonomy analisis, componential analisis, dan finding cultural value. Analisis tersebut dilakukan untuk menemukan status, affect, dan kontak untuk kemudian dicari persamaan dan perbedaannya. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kedua teks mengaplikasikan status yang berbeda. Greenpeace mengaplikasikan status yang vertikal. Penulis dari Greenpeace memposisikan dirinya lebih tinggi dari pembaca. Sedangkan Japan Times mengaplikasikan status yang horisontal. Penulis dari Japan Times menempatkan dirinya sejajar dengan pembaca dan narasumbernya. Kedua teks juga menilai isu di dalam teks dengan cara pandang yang berbeda. Greenpeace memberi penilaian yang negative terhadap pemerintah dan industri nuklir atas musibah nuklir yang tejadi di Fukushima. Sementara Japan Times menempatkan dirinya diposisi yang lebih netral. Japan Times tidak memberi penilaian negative maupun positive, walaupun para narasumbernya menilai isu tersebut secara negative. Berdasarkan keterbacaannya, kedua teks tersebut dapat dimengerti oleh masing-masing target pembaca mereka. Sedangkan untuk tingkat keterlibatannya, penulis dari Greenpeace bermaksud untuk ikut terlibat di xvii dalam teks, sementara penulis dari Japan Times tidak ingin terlibat di dalam teks. Ideologi yang dianut oleh kedua teks berbeda. Greenpeace menganut ideologi antagonis kiri sedangkan Japan Times menganut ideologi protagonist kiri. Ideologi yang mereka anut mempengaruhi pemilihan kata di dalam teks.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pasca Sarjana
Pasca Sarjana > Magister
Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Inggris - S2
Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
Date Deposited: 07 Oct 2015 11:39
Last Modified: 07 Oct 2015 11:39
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21010

Actions (login required)

View Item