PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR(studi pada mahasiswa S1 Keperawatan semester VIII STIKes Husada Jombang)

SETIYARINI, ANGGRAINI DYAH (2014) PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR(studi pada mahasiswa S1 Keperawatan semester VIII STIKes Husada Jombang). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (97Kb) | Preview

    Abstract

    PEMANFAATAN INTERNET UNTUK PENINGKATAN KREATIVITAS MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR (studi pada mahasiswa S1 Keperawatan semester VIII STIKes Husada Jombang) ABSTRAK Anggraini Dyah Setiyarini. 2014. Pemanfaatan Internet untuk Peningkatan Kreativitas Menyelesaikan Tugas Akhir (studi pada mahasiswa S1 Keperawatan semester VIII STIKES Husada Jombang). TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Didik Tamtomo, MM, Mkes, PAK, Pembimbing II: Prof. Dr. Hermanu J., MPd. Program Studi Kedokteran Keluarga Minat Utama Pendidkan Profesi Kesehatan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Latar belakang : Internet merupakan sarana yang paling mudah untuk memenuhi kebutuhan dalam mencari informasi yang diinginkan. Indonesia adalah negara dengan jumlah pengakses Internet via handphone cukup tinggi, yaitu sebesar 48%. Angka yang cukup besar ini memperlihatkan tingginya akses Internet mobile di Indonesia bahkan tergolong yang paling tinggi dibandingkan negara‐negara di Asia Tenggara. Pemanfaatan internet oleh mahasiswa untuk melaksanakan tugas merupakan salah satu dampak positif dari teknologi internet, dengan pemanfaatan yang positif ini akan membentuk kemampuan kognitif dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Internet Untuk Peningkatan Kreativitas Menyelesaikan Tugas Akhir. Subjek & Metode : Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Keperawatan STIKES Husada Jombang. Teknik sampling menggunakan Snowball sampling. Hasil : Hasil penelitian didapatkan bahwa kecenderungan mahasiswa dalam mengakses internet dalam menyelesaikan tugas akhir, perkembangan kreativitas masih kurang baik. Frekuensi mahasiswa dalam menggunakan internet lebih sering digunakan untuk menyelesaikan tugas akhir. Penyusunan tugas akhir dengan mengakses browsing internet akan meningkatkan kreativitas mahasiswa. Dampak negatif dari pemanfaatan internet ini menjadikan mahasiswa tidak produktif, mahasiswa cenderung untuk mencopy paste literatur yang diperolehnya dari internet. Kesimpulan : Kreativitas mahasiswa masih kurang sehingga dibutuhkan latihan untuk meningkatkan kreativitas. Kata kunci : kreativitas, tugas akhir

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 07 Oct 2015 11:22
    Last Modified: 07 Oct 2015 11:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/21005

    Actions (login required)

    View Item