PENGGUNAAN PETA KONSEP BERBANTUAN KARTU PERMAINAN POCHER (PHYSIC ON THE LITTLE CARD) PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 TANGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Anjajari, Wiwik (2015) PENGGUNAAN PETA KONSEP BERBANTUAN KARTU PERMAINAN POCHER (PHYSIC ON THE LITTLE CARD) PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 TANGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (616Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: Kemampuan kognitif proses siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tangen Tahun Pelajaran 2012/2013 pada materi Cahaya. Kemampuan kognitif produk siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tangen Tahun Pelajaran 2012/2013 pada materi Cahaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kurt Lewin dan model Kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Tangen Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 30 siswa dengan penelitian dikhususkan pada materi pokok Cahaya. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, ulangan harian, angket dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif didukung data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan peta konsep berbantuan kartu permainan POCHER (physic on the little card) pada model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament(TGT) dapat meningkatkan kemampuan kognitif proses siswa pada materi Cahaya kelas VIII A SMP Negeri 1 Tangen Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kemampuan kognitif proses pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Dari indikator kemampuan kognitif proses yang ditentukan diperoleh hasil sebagai berikut: siswa mencapai tahapan proses ilmiah sampai tahap publikasi prasiklus 0%,siklus I 37,81% dan siklus II 76,11% (2) penggunaan peta konsep berbantuan kartu permainan POCHER (physic on the little card) pada model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament(TGT) dapat meningkatkan kemampuan kognitif produksiswa pada materi Cahaya kelas VIII A SMP Negeri 1 Tangen Tahun Pelajaran 2012/2013. Ketuntasan belajar siswa dapat mencapai 66,67% pada siklus I dan 76,67% pada siklus II dari Standar Ketuntasan Minimum (SKM) sebesar 75. Kata kunci : peta konsep, kooperatif TGT, kognitif proses, kognitif produk.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 10:54
    Last Modified: 07 Oct 2015 10:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20998

    Actions (login required)

    View Item