Implementasi Program Kelas Unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus

Zamroni, Ali (2014) Implementasi Program Kelas Unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (516Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ali Zamroni. NIM: S811208006. 2014. Implementasi Program Kelas Unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus, Tesis, Pembimbing I, Prof. Dr. Budiyono, M.Sc., II, Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi program kelas unggulan ditinjau dari standar nasional pendidikan, kendala yang dihadapi dan solusinya serta hasil implementasi yang berdampak pada peningkatan prestasi baik akademik maupun non akademik dengan adanya program kelas unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus selama 5 bulan terhitung mulai bulan Maret sampai dengan Juli 2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Sumber data diperoleh dari peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data, dengan trianggulasi sumber, metode, penyidik dan teori. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, data display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi program kelas unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus dilaksanakan sesuai dengan program yang direncanakan dan telah memenuhi delapan standar nasional pendidikan (SNP). Adapun keunggulan dari program kelas unggulan ditinjau dari; rekrutmen penerimaan awal siswa, adanya penambahan jam pelajaran dalam proses pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai, siswa terbentuk akhlak mulia, prestasi akademik dan non akademik, pengembangan potensi diri dengan kegiatan life skill, dan sertifikat. (2) kendala yang dihadapi, ditinjau dari; input siswa solusinya mengadakan lomba mapel, masalah pendanaan solusinya melakukan subsidi silang, masalah tenaga pendidik dan kependidikan solusinya penataan guru sesuai faknya, masalah proses pembelajaran solusinya dengan penambahan jam, masalah lingkungan sekolah solusinya dengan gerakan 9K, team work yang lemah dan sentralisasi pekerjaan solusinya melakukan distribusi tugas secara adil dan merata. (3) Secara keseluruhan kualitas hasil belajar peserta didik pada kelas unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus utamanya ditinjau dari; perubahan akhlak mulia, prestasi akademik dan non akademik, pengembangan bakat lewat life skill,dan pemberian sertifikasi pada anak didik. Saran penelitian mencakup: (1) perlu ditingkatkan kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan, (2) guru harus selalu inovatif dan kreatif dengan mengikuti perkembangan Iptek, (3) pemerintah agar setiap tahunnya menambah jumlah sekolah yang diberi program SSN. (4) program kelas unggulan hendaknya ditindaklanjuti dengan SSN mandiri dan kedepan untuk dipersiapkan menuju sekolah yang bermutu. Kata Kunci: Program Kelas Unggulan dan Standar Nasional Pendidikan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 10:43
    Last Modified: 07 Oct 2015 10:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20996

    Actions (login required)

    View Item