IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Kelas X Program Keahlian Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karanganyar)

Alfiah, Alfiah (2014) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Kelas X Program Keahlian Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karanganyar). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (760Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Alfiah. K7410006. “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Kelas X Program Keahlian Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karanganyar)”. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2014. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui bagaimana guru mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Program Keahlian Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karanganyar menyusun persiapan pembelajaran dalam rangka implementasi Kurikulum 2013; (2) Mengetahui bagaimana guru mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Program Keahlian Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karanganyar melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam rangka implementasi Kurikulum 2013; (3) Mengetahui bagaimana guru mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Program Keahlian Keuangan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karanganyar melaksanakan penilaian pembelajaran dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling (sampel bertujuan) dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model interaktif dengan empat jalur kegiatan, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) sajian data, dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persiapan pembelajaran pengantar akuntansi meliputi (a) memahami struktur kurikulum (b) memahami silabus (c) menyusun RPP dan mempersiapkan komponen yang ada dalam RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran pengantar akuntansi dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu pendahuluan yang berupa apersepsi dan pengkondisian kelas, tahap kedua berupa inti kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis, dan mengkomunikasikan serta tahap ketiga yaitu penutup berupa kegiatan meringkas materi yang telah dipelajari, penguatan materi dari guru, dan pemberian tugas kepada siswa. (3) Penilaian pembelajaran dilakukan dengan menilai tiga kompetensi yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Penilaian sikap dilakukan melalui lembar pengamatan sikap dan rubrik, penilaian diri, serta penilaian teman. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian keterampilan dilakukan melalui kegiatan praktek, tugas portofolio, serta tugas projek. Penilaian ketiga kompetensi tersebut dilakukan dengan penilaian otentik yaitu penilaian yang dilakukan terhadap kesiapan siswa, proses pembelajaran, serta hasil pembelajaran. Kata Kunci: kurikulum, pembelajaran, implementasi, sekolah, guru

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 10:31
    Last Modified: 07 Oct 2015 10:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20989

    Actions (login required)

    View Item